SUZUKI

0822 5708 2325


BBM:

Berita

Stop Isi Keranjang Belanja Supermarket dengan Barang yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Stop Isi Keranjang Belanja Supermarket dengan Barang yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Belanja di supermarket adalah kebutuhan tiap orang terutama yang bergaya hidup modern. Dari kebutuhan rumah tangga sampai perkakas, ada di supermarket.

Tapi, apakah kudu beli semua kebutuhan di supermarket? Apa gak ada alternatif yang lebih ramah di kantong?

Kalau kamu adalah tipe orang yang males berkreasi, mungkin bakal selalu bergantung pada supermarket untuk memenuhi kebutuhan. Soalnya maunya yang praktis, instan. Tapi, kebiasaan itu bakal mempengaruhi kondisi finansial.

Dana yang keluar untuk belanja bakal membengkak. Walhasil, porsi dana buat kebutuhan lain jadi berkurang, atau malah hilang.

Demi penghematan, kita mesti kreatif dalam memenuhi kebutuhan. Gak semua kebutuhan harus dibeli di supermarket. Kita bisa membikin sendiri beberapa item agar struk belanjaan gak panjang.

Selain itu, belanja pun gak harus di supermarket. Berikut ini beberapa item yang bisa diakali agar pengeluaran bisa lebih ditekan. Jadi stop deh, mengisi keranjang belanja supermarket dengan barang-barang ini:

1. Minuman jus

Memang, jus kemasan di supermarket praktis. Tinggal buka, minum. Tapi jus bukan hanya soal kepraktisan. Lebih dari itu, faktor kesehatan wajib diperhatikan.

Buah untuk jus bikinan sendiri bisa dibeli dari tukang buah atau pasar yang banderolnya murah. Bisa dilihat juga kondisi buahnya saat dibeli dan diolah.

Jus bikinan sendiri, selain bisa bikin ngirit, pastinya lebih bisa dipastikan keamanannya. Mau bikin jus kombinasi juga simpel, beda dengan jus kemasan yang umumnya hanya punya satu rasa. Itu pun rasanya agak-agak kimia gimana gitu, kurang original rasa buah segar.

2. Roti sandwich

Sandwich di supermarket harganya bisa dua kali lipat biaya sandwich bikinan sendiri. Selain itu, sandwich tersebut kurang bisa dijamin kesegarannya. Bisa saja roti isi itu udah ada di sana 1-2 hari karena belum laku.

3. Bubur instan

Bikin bubur itu gampang, lho. Tinggal rebus beras dengan terus diaduk sampai matang mengental. Masak, masih pakai cara instan?

Lagi pula, topping bubur instan terkesan seadanya. Plus ada bahan pengawetnya. Beda kalau masak sendiri. Daging ayamnya ya dari ayam segar asli. Begitu juga sayur-sayurannya.

Sekali masak juga bisa buat orang banyak, jadi lebih hemat. Gak kayak bubur instan yang hanya bisa buat satu porsi. Itu pun kadang dibilang kurang banyak.

4. Snack protein

Snack alias makanan ringan berprotein digandrungi mereka yang pingin dapat protein dengan cara enak. Tapi, yang namanya snack pastinya beda dengan makanan segar dalam hal kandungan protein.

Snack kayak gini pun biasanya tinggi kandungan gulanya, yang berbahaya buat kesehatan. Sehat itu mahal harganya lho. Mending olah bahan makanan segar yang jelas kandungan nutrisinya.

5. Bumbu instan

Mau masak gule, tinggal masukin bumbu gule instan. Beres? Gak juga. Sudah umum diketahui, bumbu instan kayak gitu kurang nendang dibanding bumbu beneran.

Berapa sih harga bumbu-bumbuan di pasar? Gak sampai Rp 10 ribu. Beragam bumbu itu pun bisa dipakai buat masak lebih dari satu masakan. Jadi, gak kayak bumbu instan yang 1 masakan 1 bungkus. Kalau mau bikin 3 masakan, jadi beli 3 bungkus. Boros lah.

6. Es teh serbuk

Bikin sendiri es teh di rumah gak bakal bikin bangkrut kok. Mau balok es, tinggal bekukan di freezer. Tehnya pakai teh celup yang satu bungkus isi banyak itu

7. Minuman rasa buah serbuk

Ini juga mirip-mirip es teh serbuk. Lebih sehat dan hemat bikin es buah sendiri. Lagian minuman serbuk itu hanya rasa buah. Bukan es buah asli.

8. Daging beku olahan

Ham, nugget, dan sejenisnya banyak dijual di supermarket dalam keadaan beku. Artinya, daging beku olahan itu gak fresh. Mending beli daging segar, lalu diolah sendiri.

Harga daging di pasar tradisional bisa lebih murah ketimbang di supermarket. Gak apa-apa repot sedikit bikin olahan. Demi penghematan lho. Siapa tahu dari kreasi ini malah bisa dijual sehingga bisa jadi sampingan.

Selain 8 item di atas, mungkin ada lagi produk supermarket yang sebenarnya gak harus dibeli. Kita bisa bikin sendiri, atau beli di tempat lain yang lebih murah.

Jika pun terpaksa beli di supermarket, pastikan lihat tanggal kedaluwarsa dan kandungan di dalamnya. Cari yang sehat-sehat aja.

Akan lebih baik juga kalau ada kartu kredit yang bisa ngasih diskon belanja. Ini bukan soal pelit, lho. Pastinya semua orang gak mau dong keluar duit lebih untuk hal yang sebenarnya bisa diirit. Setuju?